PADUAN SUARA SMPN 2 BEKASI TAMPIL DI ISTANA

Pada kegiatan peringatan detik-detik proklamasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menampilkan 210 orang putra-putri terbaik dari 34 provinsi di Indonesia yang direkrut melalui audisi dan akan tampil dalam pergelaran Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara 2019 di gedung DPR-MPR RI dan dan peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka.

Salah satu kebanggaan sekolah adalah apabila sekolah tersebut terundang pada kegiatan-kegiatan tingkat nasional, seperti SMPN 2 Bekasi yang mendapat kehormatan menjadi bagian dari tim aubade istana dalam Gita Bahana Nusantara (GBN).

Beberapa sekolah yang diundang oleh Kementerian tersebut diantaranya : SMPN 9 Jakarta, SMPN 31 Jakarta, dan SMP Tarakanita I dari DKI Jakarta, lalu ada SMPN 2 Bekasi, SMP Muhammadiyah Bogor dari Provinsi Jawa Barat dan SMPN 4 Tangerang Selatan dari Provinsi Banten.

Menurut Kepala SMPN 2 Bekasi sebagai salah satu sekolah yang diundang ikut menghadiri detik-detik proklamasi beralasan terpilihnya Paduan Suara SMPN 2 Bekasi karena pihak penyelenggara melihat tampilan web sekolahnya yang aktif. Tim dari koordinasi kemendikbud selaku panitia melihat bahwa hal tersebut membuat SMPN 2 Bekasi terlihat layak untuk ikut serta hingga mendapat undangan menjadi bagian dari tim aubade.

Tim aubade SMPN 2 Bekasi di koordinatori oleh Yati Resmiyati, S.Pd menurut beliau ini momen luar biasa bagi tim Paduan Suara SMPN 2 Bekasi karena selama 40 tahun baru sekarang ini SMPN 2 Bekasi tampil di Istana Merdeka. Tim Paduan Suara SMPN 2 Bekasi mengundang pelatih dari UNJ yaitu Ibu Ajeng beliau memang sudah terbiasa melatih vokal baik single maupun kelompok paduan suaranya lainnya.

Peserta paduan suara beserta kepala sekolah, pelatih dan beberapa guru pendamping berangkat dari sekolah pukul 4 dini hari kemudian masuk istana pukul 06.00 WIB, detik-detik proklamasi dilaksanakan pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Suasana upacara di istana nampak terasa berbeda dengan pelaksanaan upacara rutin di sekolah dimana disana akan terasa lebih haru, membangkitkan nasionalisme peserta upacara, bisa memahami keberagaman memperkokoh persatuan, dan lain sebagainya. Hal itu dapat terlihat dari beberapa tamu undangan yang tampil maksimal dan antusias mengenakan baju adat/daerah masing-masing, hingga wapres Jusuf Kalla mengumumkan pakaian adat terbaik dan masing-masing mendapatkan sepeda.

Tim Paduan Suara itu sendiri terdiri dari 50 peserta terdiri dari Kelas 8 dan 9, siswa. Mereka antusias sekali dapat ikut serta pada kegiatan tersebut mulai dari latihan hingga pelaksanaan Upacara HUT RI di istana. Lagu yang dibawakan diantaranya : 17 Agustus 1945, Syukur, Garuda Pancasila, Indonesia Bersatulah, Bahimu Negeri, Tanah Airku dan Rayuan Pulau Kelapa.

Menurut kepala sekolah tampilnya paduan suara SMPN 2 Bekasi sudah maksimal pada pergelaran Orkestra Gita Bahana Nusantara (Korps seni pertunjukan kemendikbud). Beliau berharap agar Tim Paduan Suara SMPN 2 Bekasi yang ikut dapat menularkan semangat dan bakatnya kepada siswa-siswi lainnya agar dapat terpilih kembali pada peringatan Detik-detik Proklamasi tahun depan.



Loading Facebook Comments ...
GURU DAN TATA USAHA KU TERSAYANG