READHATON SMPN 2 BEKASI

Peribahasa mengatakan Buku adalah jendela dunia dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis (Tarigan, 1984:7). Pengertian lain dari membaca adalah suatu proses kegiatan mencocokkan huruf atau melafalkan lambang-lambang bahasa tulis.(http://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-dan-hakikat-membaca.html).

Pada tanggal 28 September 2016 SMPN 2 Bekasi mengadakan acara READATHON yaitu kegiatan membaca cepat secara serentak selama 42 menit. Kegiatan dimulai pukul 07.35 s.d. selesai sebelum KBM, diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMPN 2 Bekasi beserta guru dan karyawan dipimpin oleh Plh. Kepala Sekolah Bapak Drs. H. Kusmayadi, MM dan diakhiri dengan penutupan berupa Yel-yel Literasi Jabar oleh Ibu Azharny, M.Pd bersama peserta yaitu :

Literasi Jabar; Sukses;

Jabar Literasi : OK;

Jabar Kahiji : Yes, Yes, Yes.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan siswa/i bersemangat mengikuti kegiatan tersebut saya berharap semua siswa/i, guru dan karyawan dapat meningkat lagi minat bacanya untuk penambahan budi pekerti, kata Ibu Peni sapaan akrab Ibu Azharny, M.Pd guru bidang studi Bahasa Indonesia.

20160928_082651[1]

Senada dengan Bu Azharny Bu Iis Wantisah, S.Pd selaku koordinator acara tersebut mengatakan bahwa acara berjalan sesuai harapan, apresiasi dari guru dan siswa sangat bagus, dampak positifnya siswa/i sudah dapat mereview isi buku yang sudah dibaca. Beliau pun berharap dapat menggalakan lagi West Java Leader Reading Chalenge (WJLRC) pada bulan berikutnya. WJLRC merupakan salah satu program terobosan yang dikembangkan oleh guru-guru SD dan SMP di Jawa Barat peserta program Teacher Training West Java Education Agency di Adelaide Australia tahun 2010 hingga 2013.

20160928_083006[1]

Tujuan diadakannya kegiatan ini di SMPN 2 Bekasi selain sebagai program Gerakan Literasi Sekoolah (GLS), juga bertujuan agar siswa gemar membaca sehingga menambah pengetahuan mereka. Gerakan diharapkan terus berlanjut, dijadwalkan dan diprogramkan untuk bulan-bulan berikutnya, kata Bu Iiswantisah, M.Pd.

Menurut salah satu siswa SMPN 2 Bekasi, Kania (Kelas 9.9) kegiatan tersebut menyenangkan karena dia dapat membaca buku bersama seluruh temannya, buku yang diabacanya adalah Ghost Domitory (160 halaman). Siswa lain mengatatakan kegiatan tersebut masih ada kekurangan karena buku yang dibaca membosankan mungkin karena telah dibaca sebelumnya.

20160928_083854[1]

Tanggapan dari Plh. Kepala Sekolah yaitu Bapak Drs. H. Kusmayadi, MM tentang kegiatan ini :

  1. Sangat penting karena dengan gerakan seperti ini siswa akan gemar membaca
  2. Dengan membaca anak-anak akan memperoleh ilmu pengetahuan
  3. Saya membaca saya mengerti atau istilahnya I Read I Understand
  4. Diharapkan gerakan ini terus berlanjut walaupun sudah membuat pohon literasi.

Mudah-mudah dengan kegiatan ini membuat siswa jadi gemar membaca tidak dihabiskan waktunya dengan bermain gadget atau sosmed. Karena salah satu manfaat dari seringnya membaca dapat mencegah penyakit Alzeimer dikarenakan melemahnya daya ingat seseorang.



Loading Facebook Comments ...
GURU DAN TATA USAHA KU TERSAYANG