PERINGATAN HUT PRAMUKA KE- 58

Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya. Jadi sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

SMPN 2 Bekasi memperingati HUT Pramuka yang ke- 58 pada Hari Rabu, 14 Agustus 2019 yang dimulai pada pukul 07.00 WIB s.d. selesai. Bapak Ririz Mufrij Fouji bertindak sebagai pembina apel.

Pembina apel menyampaikan pidato (sambutan) Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen. Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso. Apel peringatan HUT Pramuka Tahun 2019 mengangkat tema: Bersama Segenap Komponen Bangsa Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

 

HUT Pramuka 1 HUT Pramuka 2

HUT Pramuka 3 HUT Pramuka 4

Tema tersebut diangkat dikarenakan keprihatinan banyaknya permasalahan yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia, yang dapat disimpulkan diantaranya:

  1. Merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.
  2. Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif.
  3. Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang.
  4. Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungan, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana.
  5. Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya menunjukkan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan.
  6. Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dan sistem pendidikan nasional, sehingga penyelenggaraannya dengan jenjang pendidikan formal dan nasional sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting.

Pada pidato sambutan tersebut Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal di atas. Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal dan karenanya kita semua bersatu didalamnya.gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka. Dasadarma merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman bagi pramuka dalam bertingkah laku keseharian. Sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Pramuka Siap Menjaga Keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari.



Loading Facebook Comments ...
GURU DAN TATA USAHA KU TERSAYANG